Prinsip Kerja Ultrasonic Thickness Gauge (Alat Ukur Ketebalan)

Ultrasonic Thickness Gauge  adalah alat ukur portable yang menggunakan sensor pendeksi suara atau ultrasonic, Hasil dari sensor itu diantarannya dikarenakan adanya transduser yang berfungsi mengubah suatu energi ke energi lain. Transduser terbagi 2 aktif dan pasif dapat dibedakan apabila aktif transduser bisa bekerja walaupun tidak ada energi luar, Sebaliknya dengan pengertian pasif.

Apa yang terjadi apabila material yang diukur tidak rata ?
Disini menjadi peranan penting untuk sangat diperhatikan adalah sewaktu pengujian bentuk material dan kekasaran/kerataan pada permukaan sangat berpengaruh dalam pengujian yaitu hasil dari pengukuran tersebut akan menjadikan selisih banyak. Permukaan yang diuji setidaknya harus bersih serta bebas dari partikel, Karat atau skala kecil. Kehadiran hambatan tersebut berpengaruh terhadap transduser dari kedudukan pengujian tidak merata pada permukaan.

Sumber Gambar


Suhu Material Berpengaruh terhadap Thickness Tester

Begitupula dengan suhu material hampir semua alat ukur semua dirancang sedemikian rupa agar dapat digunakan pada suhu yang stabil, Material yang panas apabila akan diuji harus menggunakan bahan khusus dan teknik yang memungkinkan mereka untuk menahan suhu tinggi tanpa kerusakan. Selain itu, perawatan harus diambil ketika melakukan “Probe-Zero” atau “Kalibrasi untuk Dikenal Tebal” dengan transduser suhu tinggi.

Prinsip Cara Kerja Alat Ukur Ketebalan Ultrasonic

Alat ukur ketebalan ini terdiri dari transmitter, receiver gelombang ultrasonik dan up counter Transmitter dilengkapi dengan trasnduser ultrasonik pemancar khusus medium padat dan receiver sama dengan tranduser. Gelombang ultrasonik yang dipancarkan rangkaian transmitter menembus permukaan benda dan dipantulkan kembali ke rangkaian receiver. Waktu tempuh menjalani gelombang ini diukur dengan menggunakan up-counter menggunakan metoda time of flight. Alat ukur ketebalan ultrasonic digital menentukan ketebalan bagian atau struktur secara akurat menghitung waktu yang dibutuhkan oleh ultrasonik kecil yang dihasilkan oleh transduser (penyelidikan) untuk melewati ketebalan material, tercermin dari permukaan yang berlawanan dan kembali ke transduser. Waktu yang dibutuhkan oleh dorongan untuk melewati materi dan kembali dibagi dua dan dikalikan dengan kecepatan USG dalam bahan tertentu.

Hasilnya ditentukan dengan rumus:

H = (v x t) / 2

di mana:

H = Tebal material

v = kecepatan propagasi dari USG dalam spesifikasi material

t = waktu yang dihabiskan oleh pulsa melalui materi (pergi dan kembali).

Penggunaan menggunakan ultrasonic thickness gauge sangat diuntungkan disemua kalangan teknik industri yang berperan penting dalam kaitannya dengan tebal tipisnya suatu produksi, Tentunya manfaat ini akan berlaku bagi kestandart’an proses pembuatan produksi hingga menuai patokan dalam penggunaan alat ukur yang tepatnya.

46282356258b77ccb3a0d9

 

ALATUJI.COM menjual Ultrasonic Thickness Gauge dan peralatan pengujian lainnya untuk perusahaan industri dan sipil, kami juga memiliki tenaga Engineering professional untuk solusi service & support.

Jangan sungkan bertanya di sales@alatuji.com atau hub. marketing kami di 0816 1740 8925, 0816 1740 8927 (Pin BBM : D8AACC1D)

 

KUNJUNGI KAMI DI :

Jl. Radin Inten II No.62,RT.6/RW.14, Duren Sawit Jakarta Timur, 13440
 T. 021 8690 6777, 021 8690 6771
 P. 0816 1740 8925 (WhatsApp), 0813 1066 1358
 SMS/Whatsapp. 0813 1066 1358 | BBM. D8AACC1D
 Bantuan cepat via email : sales@alatuji.com`
 Website : alatuji.com / alatuji.co.id / xrayindonesia.com

 

Product Lainnya : Testing machine , Universal Testing Machine, Uji Tarik, Hardnes Tester, Portable hardnes tester, Weather Station, Impact Testing Machine, Coating Thickness, Tensile strength, Walkthrough Metal Detector

Satu pemikiran pada “Prinsip Kerja Ultrasonic Thickness Gauge (Alat Ukur Ketebalan)

Tinggalkan komentar